Isu penerimaan mahasiswa baru terasa mulai menghangat. Padahal masih ada satu semester (genap) yang harus dituntaskan sebelum mahasiswa baru masuk perguruan tinggi.

Lewat satu akun unofficial IPB, @tweetIPB, minat siswa untuk bertanya tentang jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh IPB sangat menggairahkan. Dalam hati, saya salut kepada admin @tweetIPB mau menjadi voluntir dalam mempromosikan IPB. Dalam hal ini, banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh calon-calon mahasiswa. Apabila jawaban dan pendekatan yang diberikan itu baik, sebuah keuntungan bagi IPB karena IPB dapat dikenal lebih luas. Apakah IPB punya akun twitter segencar @tweetIPB?

Dalam hal sosialisasi IPB, saya jadi flashback pada masa Kuliah Kerja Profesi (KKP). Kami mahasiswa mengambil prakarsa untuk memperkenalkan IPB kepada siswa-siswa SMA. Sekolah yang kami jangkau boleh dikatakan belum pernah memiliki kakak kelas yang kuliah di IPB. Sebuah kesempatan bagi kami untuk memperkenalkan IPB dan siswa-siswa tersebut antusias.

Siswa SMA menyimak sosialisasi

 

Pemaparan mahasiswa IPB

Tidak hanya sosialisasi tentang IPB, mahasiswa yang KKP juga memperkenalkan teknologi biopori kepada siswa sebagai teknologi terapan di tengah masyarakat. Pihak sekolah dan siswa mengakui bahwa sekolah mereka pernah dilanda banjir karena ketidakmampuan area terbuka dalam menyerap air.

Pengenalan biopori tersebut juga berlanjut pada aplikasi biopori di lingkungan sekolah. Sebelum melakukan praktek, siswa SMA juga diberikan pengetahuan terlebih dahulu pentingnya air dan penyerapan air serta penerapan teknologi biopori.

Sosialisasi biopori pada siswa SMA

 

Interaksi mahasiswa IPB dengan siswa SMA

Memperkenalkan IPB dengan paket teknologi terapan tentunya memberikan kesan dan daya tarik sendiri kepada siswa SMA. Diseminasi teknologi dan pengenalan pertanian menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari almamater IPB. Beberapa kegiatan yang dapat dibawa sosialisasi IPB, terutama saat KKP, adalah:

  1. Pengenalan Bor Biopori
  2. Pembibitan tanaman
  3. Tanaman obat sekolah
  4. Lanskap taman sekolah
  5. Insektisida nabati
  6. Pengenalan serangga sebagai hama dan predator, dll
Apa yang menarik di hati akan melekat di hati. Apa melekat di hati akan berkesan di hati. Apa yang berkesan di hati akan di kejar hingga pasti dimiliki.