Cara terampuh untuk menyimpan pekerjaan/gambar dari web/word/langkah kerja adalah dengan memencet Ctrl+Prt Sc, yang disebut dengan print screen. Lalu hasilnya dapat di-copy ke dalam halaman kerja Word atau PPT dalam bentuk gambar.

Namun kendalanya adalah gambar yang di-copy terlalu besar atau tidak fokus pada bagian yang diinginkan. Seringkali setelah di-copy ke PPT, gambar tersebut dipotong lagi. Kemudian baru, klik kanan, save as picture. Jadilah file dalam bentuk jpeg (gambar) yang bisa diupload ke blog.

Sebenarnya ada juga aplikasi pemotong gambar yang disediakan Microsoft, yaitu melalui Microsoft OneNote ➡  [gambar]. Tinggal klik tab Insert>Screen clipping atau icon di bawah ini untuk memotong gambar. Kemudian pada gambar, tinggal klik kanan> save as picture.

Namun ada juga jalan lain yang lebih praktis dengan menggunakan software pemotong gambar. Silahkan download di sini ➡Screenhunter. Silahkan instal aplikasinya dan potong sesukamu gambar percakapan di pesbuk, dan bagian lainnya yang ingin kamu abadikan sebagai gambar atau pun diupload di blog.

lihat gambar1

lihat gambar2

lihat gambar3

Berikut  adalah salah satu contoh percakapan yang telah dipotong dan diabadikan di dalam blog. :mrgreen: Semoga kehidupan bloggingnya makin berwarna. Keep blogging ^^